Penelitian Tindakan Kelas

MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

OLEH :

MOCHAMAD RIDUWAN, S.Pd., M.Pd.
GURU MATA PELAJARAN IPS

SD AL HIKMAH SURABAYA

SEPTEMBER 2011

PENGESAHAN

MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

KARYA TULIS ILMIAH

Oleh :
Mochamad Riduwan, S.Pd.,M.Pd.

Menyetujui,
Kepala SD Al Hikmah Surabaya

Anwar, S.Pd.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : Mochamad Riduwan
Jabatan : Guru Bidang Studi IPS
Judul Karya Tulis :

MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

Menyatakan bahwa karya tulis tersebut adalah karya penulis sendiri dan bukan karya orang lain, baik sebagian maupun keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang disebutkan sumbernya.
Demikian surat pernyataan ini penulis buat dengan sebenar-benarnya

Surabaya, 20 September 2011

Mengetahui,
Kepala Sekolah Penulis

Anwar, S.Pd. Mochamad Riduwan S.Pd.,M.Pd.

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdullillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan sekalian alam. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Rosulillah Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga karya tulis ini bisa tersusun. Karya tulis ini berisi tentang kegiatan pengisian lembar pantauan diri siswa untuk memaksimalkan prestasi akademik pelajaran IPS kelas 4. Pengisian lembar pantauan diri ini sangat mudah yakni dengan membubuhkan tanda contreng pada item yang tersedia setiap selesai aktifitas proses pembelajaran IPS.
Pada akhirnya, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi siapapun yang membaca maupun mengambil ilmu di dalamnya. Semoga Allah SWT meridhoi langkah kita semua, Amin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surabaya, 20 September 2011

Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul i
Halaman Pengesahan ii
Pernyataan iii
Pengantar iv
Daftar Isi v
Daftar Tabel vi
Daftar Lampiran vii
Abstraksi viii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Ruang Lingkup 3
C. Tujuan Manfaat 3
D. Sajian Definisi 4

BAB II LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
A. Rancangan Alat 6
B. Proses Pembuatan Alat 6
C. Pedoman Penggunaan Alat 7
D. Prosedur Penggunaan Alat 8

BAB III HASIL KEGIATAN
A. Hasil Kegiatan 9
B. Evaluasi 14

BAB IV KESIMPULAN
A. Kesimpulan 16
B. Saran 16

Daftar Pustaka

DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 3.1. Nilai UH kelas 4 Smt 1 11
Tabel 3.2. Nilai UH Kelas 4 Smt 2 12

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Biodata Peserta
Lampiran 2 Copy SK Mengajar Pertama
Lampiran 3 Kegiatan Ilmiah Peserta
Lampiran 4 Foto-Foto
Lampiran 5 Contoh self monitoring sheet

ABSTRAKSI

Salah satu kendala yang dihadapi pengajar IPS untuk memaksimalkan prestasi akademik siswa adalah kurangnya konsentrasi siswa dan kurangnya catatan yang dimiliki siswa pada saat proses belajar mengajar IPS berlangsung. Walaupun penulis berusaha menyampaikan materi dengan model dan metode pelajaran yang paling mudah dilakukan dan menyenangkan tetapi hasil akhir nilai kognitif siswa masih belum maksimal. Penyebab utama adalah tingkat kemalasan siswa membaca dan menulis catatan. Padahal karakteristik pelajaran IPS adalah memiliki cakupan materi yang luas dan perlu banyak dibaca. Oleh sebab itu penulis berusaha menemukan suatu alat yang bisa merubah kebiasaan siswa tersebut, yakni dengan mengisi lembar pantauan diri/self monitoring sheet.
Permasalahannya adalah apakah dengan mengisi lembar pantauan diri/self monitoring sheet mampu meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pelajaran IPS? Telah empat kali penulis uji cobakan kepada siswa untuk mengisi lembar pantauan diri tersebut dalam satu semester. Dan Alhamdulillah ternyata dengan aktifitas mengisi lembar pantauan diri yang selalu dilaksanakan setiap akhir proses pembelajaran IPS mampu merubah kebiasaan siswa dan meningkatkan nilai prestasi kognitif siswa. Siswa akhirnya terbiasa menulis catatan materi pelajaran dan membacanya yang menurut penulis ini sangat penting karena catatan materi ini adalah rangkuman penjelasan guru yang mudah dipahami oleh siswa. Kemudian disamping menulis catatan, siswa juga lebih konsentrasi saat pelajaran IPS disampaikan. Dan yang terakhir dengan aktifitas mengisi self monitoring sheet ini mampu meningkatkan nilai prestasi kognitif siswa dibanding pada nilai semester sebelumnya.

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Mata pelajaran IPS di SD mencakup materi ilmu sejarah, ilmu ekonomi, ilmu geografi, serta ilmu sosiologi. Gabungan dari disiplin ilmu tersebut menyebabkan mata pelajaran IPS sangat padat materi. Luasnya materi ini menjadi alasan mengapa mata pelajaran ini oleh sebagian siswa SD merasa keberatan dan membosankan. Salah satu kendalanya adalah kesulitan siswa dalam menemukan dan memahami konsep dasar dari setiap materi dalam.setiap kompentensi dasarnya. Kondisi ini juga didukung oleh perolehan prestasi akademik yang tidak memuaskan.
Menurut saya penyebabnya adalah kurangnya pemahaman materi dan konsentrasi siswa pada saat pembelajaran IPS berlangsung. Sekalipun sudah menerapkan atau menggunakan metode dan model pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa tetapi hasil akhirnya tetap kurang maksimal juga. Pada intinya saya melihat siswa tidak faham materi karena kurangnya siswa membaca buku dan menulis rangkuman cacatan materi. Dan seandainya para siswa ini setiap pelajaran IPS menulis catatan rangkuman materi dan membacanya, saya yakin mereka akan memperoleh prestasi yang maksimal.
Untuk merubah kondisi tersebut, saya mempunyai cara efektif yakni siswa diharuskan menulis lembar aktifitas pantauan diri/self monitoring sheet. Lembar pantauan diri siswa ini berisi item tentang aktifitas menulis cacatan dan mengerjakan tugas. Dua item ini cukup menurut saya, karena inti dari proses pembelajaran adalah menulis cacatan agar faham materi dan mengerjakan latihan soal untuk mengecek tingkat pendalaman materi.
Langkah kongkrit saya ini didasarkan pada pendapat yang disampaikan Muhibin Syah, Med. dalam bukunya yang berjudul Psikologi Belajar. Menurut Muhibbin (2005 : 69) dijelaskan bahwa belajar merupakan tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relative menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Perubahan yang terjadi dalam proses belajar adalah berkat pengalaman atau praktik yang dilakukan dengan sengaja dan disadari. Sebagai contoh kebiasaan hormat sopan terhadap orang yang lebih tua seperti guru, orang tua merupakan bentuk perubahan hasil belajar yang dilakukan dengan sengaja dan disadari, termasuk pula kebiasaan siswa mencatat dan membaca rangkuman materi pelajaran merupakan rangkaian proses belajar dari pengalaman atau praktik yang dilakukan dengan sengaja pula.

Ruang Lingkup
Karya Ilmiah yang penulis sajikan ini merupakan hasil pembuatan karya/alat sebagai penunjang pembelajaran IPS siswa sekolah dasar kelas 4. Karya ilmiah ini membahas permasalahan sebagai berikut ;
1. Apakah self monitoring sheet (lembar pantauan diri) mampu meningkatkan prestasi akademik siswa pada bidang studi IPS ?

Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini antara lain :
1. Membangun kualitas siswa, baik dari aspek koqnitif, psikomotor, dan afektif.
2. Membangun kemampuan dasar siswa untuk gemar membaca dan memahami konsep materi pelajaran.
3. Memunculkan kemandirian siswa, baik di sekolah dan di lingkungan keluarga.

Manfaat yang diharapkan dalam kegiatan penelitian ini antara lain :
1. Menambah pengalaman guru dalam melakukan proses pembuatan karya inovatif penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas.
2. Menambah pengalaman siswa dalam menerima pelajaran agar daya serap materi pelajaran mencapai tingkatan yang maksimal.

Sajian Definisi
MONITORING
Monitoring (bahasa Indonesia: pemantauan) adalah pemantauan yang dapat dijelaskan sebagai kesadaran (awareness) tentang apa yang ingin diketahui, pemantauan berkadar tingkat tinggi dilakukan agar dapat membuat pengukuran melalui waktu yang menunjukkan pergerakan ke arah tujuan atau menjauh dari itu. Monitoring akan memberikan informasi tentang status dan kecenderungan bahwa pengukuran dan evaluasi yang diselesaikan berulang dari waktu ke waktu, pemantauan umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu, untuk memeriksa terhadap proses berikut objek atau untuk mengevaluasi kondisi atau kemajuan menuju tujuan hasil manajemen atas efek tindakan dari beberapa jenis antara lain tindakan untuk mempertahankan manajemen yang sedang berjalan.
Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program./ Memantau perubahan, yang fokus pada proses dan keluaran. Monitoring menyediakan data dasar untuk menjawab permasalahan, sedangkan evaluasi adalah memposisikan data-data tersebut agar dapat digunakan dan diharapkan memberikan nilai tambah. Evaluasi adalah mempelajari kejadian, memberikan solusi untuk suatu masalah, rekomendasi yang harus dibuat, menyarankan perbaikan. Namun tanpa monitoring, evaluasi tidak dapat dilakukan karena tidak memiliki data dasar untuk dilakukan analisis, dan dikhawatirkan akan mengakibatkan spekulasi, oleh karena itu Monitoring dan Evaluasi harus berjalan seiring. Anda tidak bisa hanya melakukan evaluasi, atau hanya melakukan monitoring, Seperti contohnya pada sebuah program monitoring, tidak boleh dirancang tanpa diketahui bagaimana data dan informasi akan dievaluasi dan tepat guna, sebab ketidakmampuan dalam mengumpulkan dan menyimpan data yang akan digunakan. Monitoring adalah kegiatan yang berkesinambungan. (http://id.wikipedia.org/wiki/monitoring)

BAB II
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN

Rancangan Alat
Alat dan bahan yang digunakan antara lain :
1. Kertas HVS
2. Alat tulis
3. Komputer
4. Print out
5. Daftar nama siswa
6. Stopmap

Proses Pembuatan Alat
Sangat mudah dan gampang untuk membuat lembar pantauan diri. Dibuat pada selembar kertas HVS dengan cara menggambar tabel yang berisi kolom nomer, kolom nama, kolom contreng dan tanggal, dan kolom total hasil mencontreng. Kemudian setelah jadi dikumpulkan dalam satu stopmap.

Pedoman Penggunaan Alat
Cara mengisi lembar pantauan diri sangat mudah, yakni dengan mencontreng/mencentang (√) kolom T (menulis catatan) dan atau kolom K (mengerjakan tugas/latihan). Seperti contoh dibawah ini.
Contoh petunjuk pengisian lembar pantauan diri
SELF MONITORING SHEET KELAS 4
Petunjuk Mengisi :
K : dicentang (√) jika telah mengerjakan latihan
T : dicentang (√) jika telah menulis catatan
No Nama T
20/2 K
20/2 T
K Total
1 ADIB TAUFIQ BAREDWAN √ √
2 AHMAD FAUZI √

Prosedur Penggunaan Alat
Sosialisasi
Kegiatan pertama adalah sosialisasi kepada siswa dimana siswa diberitahu secara umum bagaimana mengisi lembar aktifitas pantauan diri dan apa saja konsekuensinya apabila tidak melakukan aktifitas yang terdapat pada item lembar pantauan diri siswa. Kemudian yang kedua dibuat kesepakatan bersama tentang hukuman apabila terjadi pelanggaran pengisian lembar pantauan diri seperti tidak menulis cacatan dan mengerjakan latihan soal tetapi mengisi lembar pantauan diri atau sama sekali tidak melakukan aktifitas seperti item di lembar pantauan diri. Disepakati bersama apabila siswa melakukan pelanggaran maka yang bersangkutan dikurangi nilai angka hasil ulangan hariannya sebesar 5, misalnya siswa A mendapat nilai angka ulangan harian 9.00, dan pada materi berikutnya siswa tersebut melanggar maka nilai angka yang pernah diperoleh dikurangi 5.00 sehingga menjadi 8.5.

Penggunaan
Kegiatan mengisi lembar aktifitas pantauan diri siswa dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai dilakukan, atau pada akhir pelajaran IPS.

BAB III
LAPORAN HASIL

Hasil Penggunaan Alat Dalam Pembelajaran
Hasil dari penggunaan lembar pantauan diri terhadap perubahan sikap dan prestasi akademik siswa antara lain :
Fokus Saat Proses Belajar
Fokus saat belajar adalah kunci sukses siswa dalam memahami materi semua pelajaran, khususnya pelajaran IPS. Sebelum pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri, siswa masih banyak kurang fokus dan konsentrasi saat pelajaran IPS. Walaupun metode dan model pembelajaran apapun sudah saya terapkan, namun tingkat pemahaman materi belum maksimal. Nah setelah pengisian lembar pantuan diri ini dilaksanakan, siswa sedikit demi sedikit mulai menunjukkan keseriusan dalam belajar IPS. Hal ini bisa dilihat dari hasil catatan di buku tulis siswa dan hasil nilai disetiap latihan soal yang saya berikan pada saat menjelang akhir pelajaran.

Rajin Menulis
Karena di dalam item lembar pantauan diri tercantum menulis catatan, maka siswa yang sebelumnya malas atau bahkan tidak memiliki catatan di buku tulisnya sekarang menjadi rajin menulis. Menulis catatan adalah sangat penting bagi siswa, walaupun mereka telah memiliki buku paket dan buku penunjang lainnya. Catatan menjadi sumber belajar siswa, karena melalui catatan ini siswa bisa membaca rangkuman materi IPS dari penjelasan guru.
Sebelum adanya pengisian lembar pantauan diri, siswa jarang sekali menulis cacatan dan bahkan tidak pernah mencatat. Dari data yang saya terima alas an siswa jarang menulis atau tidak sama sekali menulis dikarenakan merasa malas. Nah sejak adanya pengisian lembar pantuan diri ini, awalnya siswa menjadi agak terpaksa namun setelah 2 bulan kegiatan ini berjalan, siswa sepertinya sudah terbiasa menulis catatan, walaupun masih ada sedikit siswa yang agak kaku dengan pembiasaan ini.

Rajin Membaca
Dengan kegiatan menulis catatan disetiap proses pembelajaran IPS, otomatis kebiasaan membaca siswa akan semakin meningkat. Alasanya jelas sekali karena pada saat siswa menyalin tulisan di buku tulisnya, maka siswa juga akan membaca tulisan yang akan ditulis. Dengan demikian kebiasaan membaca buku/materi IPS, akan membawa dampak bertambahnya pemahaman siswa akan materi pelajaran IPS yang disampaikan guru sehingga diharapkan ada peningkatan prestasi akademik siswa.

Peningkatan Nilai Akademik
Sebagai bahan pembanding, saya memiliki data perolehan nilai kognitif siswa (ulangan harian) pada saat sebelum pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri dan sesudah pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri.

Nilai hasil semester 1 Tahun Pelajaran 2010-2011
Tabel 3.1. Nilai Ulangan Harian kelas 4 semester 1
No Induk Nama UH 1 UH 2 UH 3 UH 4
2808
2608
2628
2632
2633
2637
2646
2652
2661
2663
2668
2670
2671
2681
2686
2687
2688
2691
2701
3463
3022
2705
2710
2714
2719
2802
2734
2748
2761
2766
2769
2783
ADIB TAUFIQ BAREDWAN
AHMAD FAUZI
ARDIAN FAJAR DARUSMAN
ARVYNANDA PAMUNGKAS
ASKA JUTA TAFRIKA PUTRA
AUREL HERIFQI BRAMADYA
DAFFA RAFIF PUTRA ARRAHMAN
DZULFIKAR OMARDHANI
FARHAN QASHIDI ADITYA
FIRHAN RIFQI
GHOFUR ALHAJ ARDLI
GITA TRISNA P. BARATA
HABIB MUHAMMAD FIRDAUSY
IQBAL MAULANA DEWANTARA
KENZA AZHAR AL FATHAN
KEVIN IVANOV PUTRA
KEVIN RESWARA
LUTHFAN HAMMAD
MUHAMAD IFFAT TAQIUDDIN
Muhammad Abbiyi Dhiya Ulhaq Raadhan
MUHAMMAD ALVIANSYAH
MUHAMMAD ARDIAN FARIZ
MUHAMMAD HAMMAM ANWAR
MUHAMMAD ILHAM RACHMADI
MUHAMMAD NAUFAL YUANANTO
MUHAMMAD RUBY SYAHPUTRA
NAUFAL RAFI PUTRA PAMUNGKAS
RACHMAD SULTHAN RAFINZHA
RIDWAN BIMOSETYO
RIZVI RAMADHIKA
ROYHAN AGNIA NUR FIRDAUS
TITO ROBBANI AKBAR
8
8
8
8
8.6
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
8.6
8
8
8

  • 8

8
8
8
8
8
8.3
8
8
8
8
8
8.5
8.5
8.5
8.5
8
8.5
8.5
8.5
8.5
8.5
8.5
9
8.5
8.5
8.5
9
8.5
8.5
8.5

  • 8.5

8.5
8.5
8.5
8.5
8.5
9
8.5
8.5
8.5
8.5
8.5
8.3
9.8
8.8
6.5
8.5
7.5
8.5
7.5
8.3
6
8.8
9
8
8
8.3
9
7
6.8
8

  • 9

9
9.5
8.5
7.8
9.3
8.3
7.5
7.5
7.5
7
8.3
8.6
9.4
9
9
8.6
8.4
8
8
9.4
8
8.4
8.2
9
9.8
8.2
9.6
6
7.4
9.8
9.6
9
8.8
6
7.6
7.4
8
8.4
8.4
8.2
8.8
9
8.2

Basedata labkom SD Alhikmah 2010-2011
Tabel di atas menunjukkan rata-rata masih banyak siswa yang memperoleh nilai angka 8.00 dan ada yang memperoleh nilai angka 7.00 pada setiap ulangan hariannya. Memang standar ketuntasan minimal IPS di sekolah saya adalah 8,00, tetapi saya masih belum puas dengan prestasi tersebut.

Hasil setelah semester 2 Tahun Pelajaran 2010-2011
Tabel 3.2. Nilai Ulangan Harian kelas 4 semester 2
No Induk Nama UH 1 UH 2 UH 3 UH 4
2808
2608
2628
2632
2633
2637
2646
2652
2661
2663
2668
2670
2671
2681
2686
2687
2688
2691
2701
3463
3022
2705
2710
2714
2719
2802
2734
2748
2761
2766
2769
2783
ADIB TAUFIQ BAREDWAN
AHMAD FAUZI
ARDIAN FAJAR DARUSMAN
ARVYNANDA PAMUNGKAS
ASKA JUTA TAFRIKA PUTRA
AUREL HERIFQI BRAMADYA
DAFFA RAFIF PUTRA ARRAHMAN
DZULFIKAR OMARDHANI
FARHAN QASHIDI ADITYA
FIRHAN RIFQI
GHOFUR ALHAJ ARDLI
GITA TRISNA P. BARATA
HABIB MUHAMMAD FIRDAUSY
IQBAL MAULANA DEWANTARA
KENZA AZHAR AL FATHAN
KEVIN IVANOV PUTRA
KEVIN RESWARA
LUTHFAN HAMMAD
MUHAMAD IFFAT TAQIUDDIN
Muhammad Abbiyi Dhiya Ulhaq Raadhan
MUHAMMAD ALVIANSYAH
MUHAMMAD ARDIAN FARIZ
MUHAMMAD HAMMAM ANWAR
MUHAMMAD ILHAM RACHMADI
MUHAMMAD NAUFAL YUANANTO
MUHAMMAD RUBY SYAHPUTRA
NAUFAL RAFI PUTRA PAMUNGKAS
RACHMAD SULTHAN RAFINZHA
RIDWAN BIMOSETYO
RIZVI RAMADHIKA
ROYHAN AGNIA NUR FIRDAUS
TITO ROBBANI AKBAR
9
8.6
9.6
9.6
9.6
9.6
8
9.6
8
8
9
9.6
9.6
8
9
9.3
9.6
8
8
8.3
8.3
8
8
9.3
8.6
8
8.6
9.3
8
8
8.6
8
9
9
9
9
9
9
8.5
9
9
8.5
9
9
9
8.5
9
9
9
8.5
8.5
9
9
8.5
8.5
9
9
8.5
9
9
9
8.5
9
8.5
10
8.5
8
9.3
10
9.8
8
8.8
8.5
8
8
10
9.3
8
8.8
8.8
8.5
9.3
8.3
9.8
8
8
8.3
8
9
8
9.3
8
8.3
8
9.5
8.3
9.4
9.2
9
8.8
10
10
9.2
8.4
9.6
7.8
8.4
10
8.6
7.6
9.2
8
9.8
9
8
10
9
7.5
8.2
7.6
8.8
8.6
8.8
9.4
9
9.4
8.8

Basedata labkom SD Alhikmah 2010-2011
Tabel di atas menunjukkan rata-rata sudah banyak siswa yang memperoleh nilai angka 9.00 pada setiap ulangan hariannya. .
Dari perbandingan kedua tabel data nilai ulangan harian siswa tersebut di atas menunjukkan ada peningkatan prestasi nilai angka ulangan harian pada semester kedua. Berarti ada peningkatan nilai angka yang diperoleh siswa setelah pengisian lembar pandauan diri

Evaluasi Keberhasilan

Evaluasi penggunaan lembar pantauan diri ini saya lakukan setiap selesai menyelesaikan satu kompentensi dasar/tema. Evaluasi penggunaan lembar pantauan diri ini sebanyak empat kali karena tema/KD dalam semester 2 tersebut berjumlah empat. Berikut hasil dari evaluasi yang saya lakukan :
Evaluasi pertama
Evaluasi pertama ini saya fokuskan kepada keseriusan dan kejujuran siswa mengisi lembar pantauan diri. Setiap akhir pelajaran saya melihat sendiri, para siswa mengisi ceklis dan selalu menunjukka hasil tulisannnya/kerja latihannya.
Dari hasil pertama ini kurang lebih sekitar 20 siswa yang melakukan pembiasaan aktifitas ini. Selebihnya masih belum maksimal dalam melakukan aktifitas karena masih terdapat rasa malas dan merasa sudah bisa menangkap pelajaran walaupun tanpa menulis.

Evaluasi kedua
Evaluasi berikutnya saya lakukan setelah berjalan hampir satu bulan atau setelah tema pertama selesai. Dalam evaluasi kali ini, saya fokuskan untuk melaksanakan kesepakatan dengan siswa, yakni siswa yang total perolehan lembar ceklisnya sedikit akan dikurangi nilai angka ulangan hariannya. Terdapat 7 siswa yang tidak maksimal mengisi lembar pantauan diri, sehingga merekapun dikurangi nilai angka ulangan hariannya masing-masing sebesar 5.00.
Evaluasi tiga
Alhamdulillah dalam evaluasi kali ini, pengisian lembar pantauan diri berjalan maksimal. Dan dalam evaluasi kali ini ada beberapa pembenahan yang perlu saya lakukan yakni antara lain stopmap yang saya gunakan selama ini saya ganti dengan sopmap mika. Dengan stopmap kertas, seringkali sobek dan kotor terkena tangan-tangan siswa yang kadang bersih dan kadangkala kotor.

Evaluasi keempat
Evaluasi terakhir dalam pelaksanaan aktifitas pengisian lembar pantauan diri saya fokuskan dengan mengecek ulang keberhasilan siswa meningkatkan prestasi akademik pelajaran IPS seperti tulisan di buku mereka, tingkat pendalaman materi yang bisa dilihat dari hasil latihan-latihan soal, dan nilai ulangan hariannya.
Kerjasama dengan walikelas untuk mewujudkan keberhasilan aktifitas ini selalu saya lakukan agar terdapat masukan-masukan yang bisa saya benahi di kemudian hari.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Dari uraian laporan keberhasilan, bisa saya simpulkan bahwa dengan aktifitas mengisi lembar pantauan diri/self monitoring sheet pada pelajaran IPS mampu meningkatkan prestasi akademik siswa. Sangat mudah membuat dan menggunakan lembar pantauan diri ini. Di sekolah yang ada di kota maupun di pelosok desa manapun saya kira bisa melaksanakan aktifitas ini.

Saran

Saran saya kepada rekan-rekan guru yakni :
• Selalu membuat karya inovatif yang bisa memudahkan penyampaian materi pelajaran
• Selalu belajar dari manapun dan kapanpun
• Selalu berdoa untuk diri sendiri, keluarga, guru-guru, dan siswa kita, agar mencapai kesuksesan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s